Kamis, 19 Januari 2012

5 album yang gw rekomendasiin minggu ini #4

Oi..ini lanjutan posting review album yang gw bilang beberapa hari yang lalu..
tapi kyknya..kali ini gw bakal review band" jadul,cuma satu band yang "baru" doang yang bakal gw review minggu ini,jadi mungkin buat sebagian lu pada,lu pada mungkin bahkan belom pernah dengerin lagu - lagu mereka (tapi seenggaknya gw yakin yang baru like post gw di grup dimana gw promosiin ni blog,pasti familiar banget sama yang gw bakal review...hehe)

5 Album yang gw rekomendasiin minggu ini #4 (Minggu ke 3 Tahun 2012 - Part 2) :
#5 City of Evil

Band : Avenged Sevenfold
Tahun Dirilis :
Genre : Alternative Metal,Hard Rock,Rock
Anggota : M. Shadows (Vokal),The Rev (Drum,backing vokal),Synyster Gates (gitar),Zacky Vengeance (Gitar),Johnny Christ (Bas)

Ini dia album "jaman sekarang" yang gw sebut" diatas tadi..hehe

Well,jujur gw rada bingung kalo disuruh definisiin genre dari Avenged Sevenfold,gw ga bisa bilang dia metal,karena dia ga mirip sama band" extreme metal macem Megadeth,Metallica,Death,ataupun band Black Metal macem Emperor,Burzum,dan laen"nya,Avenged Sevenfold juga terbilang lebih radio-friendly dan komersil (sorry,no offense) dibandingin band yang gw sebut diatas,tapi gw juga ragu nyebut hard rock,karena band ini juga ga mirip sama Deep Purple,Led Zeppelin,ataupun Scorpions.Dan darimana saya bisa tulis band ini alternative metal?

Karena band ini banyak campurin unsur" dari musik" alternative rock,terus juga wikipedia yang nulis gitu (lol).

Tapi peduli setan dengan pengotakan musik sial itu,kita mulai aja reviewnya..hehehe

Album ini,bisa dibilang album yang bikin gw tertarik dalemin gitar listrik secara serius (tepatnya karena denger lagu "Bat Country",meski gw uda demen musik rock jauh sebelom denger ini,karena bokap demen Scorpions sama Deep Purple).Album ini jugalah yang bertanggung jawab atas segala waktu gw yang terbuang bersama gitar akustik tua punya nyokap,kulit - kulit jari yang terkelupas gara" latian picking kayak orang bego,kuping kiri yang sekarang jadi susah denger gara" suara keras amplifier gitar listrik yang gw taruh disebelah gw waktu latihan (dan bodohnya,gw sadar itu bakal ngerusak pendengaran gw),dan banyak hal - hal lainnya.Intinya,inilah album yang paling berpengaruh dalam ngubah seorang "gw" menjadi "gw yang bermain gitar".

Dari album ini juga gw mulai merhatiin yang namanya guitar solo,yang sebelomnya gw ga gitu perhatiin waktu denger Scorpions waktu Deep Purple dulu (bodohnya,padahal tuh 2 band termasuk band yang solo gitarnya maut..:( ).Karena dialbum ini banyak solo" kreatif dengan phrashing - phrashing yang menurut penilaian gw cukup fresh ,asik buat latian dan emang enak didenger.Belom lagi,banyak harmoni gitar yang kompak dari Zacky Vengeance sama Synyster Gates di ni album,simak aja "Bat Country" ato "Burn It Down",dimana mereka dengan kompaknya maen arpeggio dengan kecepatan tinggi barengan,"Beast and The Harlot",yang solonya penuh sama chromatic yang bikin gw terkaget - kaget pertama kali liatnya,ato ga "Wicked End",yang nampilin harmoni gitar yang asik dan solonya yang lagi - lagi pake arpeggio yang disweep.

Tapi lagu yang menurut gw paling apik,unik + memorable di album ini bukan lagu yang solonya dimaenin sama 2 gitaris dari band ini,tapi sama Brian Haner,bapaknya Synyster Gates.Lagu itu adalah "Sidewinder".Lagu yang berdurasi 7 menit ini,selaen punya struktur ynag unik,juga nampilin solo gitar akustik,lengkap dengan rhythm yang bernuansa latin.Bener - bener keren dan ga terduga.

Gw yakin,ni album banyak pengaruhin anak muda jaman sekarang selaen gw,buat mulai belajar maen gitar.Gw pribadi sih uda ga gitu ngikutin ni band lagi,malah gw prefer band - band rock jadul,ato band metal 80an,baik yang glam metal maupun underground macem thrash,death,ato black metal.Tapi menurut gw,ni album mantep buat didenger,terutama kalo lu suka phrashing - phrashing gitar listrik yang unik dan harmoni yang kompak.

Track yang gw rekomendasiin : "Beast and The Harlot","Burn It Down","Bat Country","Trashed and Scattered","Sidewinder","The Wicked End","Strength of The World"

#4 Blow By Blow
Band : Jeff Beck
Tahun Dirilis : 1975
Genre : Instrumental Rock,Fusion
Anggota : Jeff Beck (Gitar),Mad Middleton (Keyboard),Phil Chen (Bas),Richard Bailey (Drum)

Nama Jeff Beck udah terkenal dikalangan para gitaris,baik sebagai gitaris yang 2 x diberi penghargaan di Rock N Roll Hall of Fame,mantan gitaris band legendaris The Yardbirds (band dimana Eric Clapton pernah maen bareng sama dia,dan dimana posisi Jeff digantiin sama Jimmy Page,gitaris Led Zeppelin),ataupun solo artis yang maenin musik instrumental yang asik punya.Pokoknya,nama Jeff Beck emang udah terkenal dikalangan para gitaris dan musisi dunia.

Di album ini,Beck nawarin permainan gitar yang melodius,seolah - olah gitarnya "menyanyi" buat para pendengernya,kyk di "Cause We've Ended As Lovers"(ini lagu dibikinin sama Stevie Wonder),"She's A Woman" (yang ini cover dari The Beatles,tapi diaransemen ulang dan dibawain dengan efek talk-box,yang masih baru dijaman itu),ada juga track yang groovy di lagu "You Know What i Mean","Thelonius",sama "Air Blower".Jeff juga nunjukin permaenan kompleks dan struktur rumit di "Scatterbrain".Jadi,disini lu ga cuma nemuin permaenan gitar yang simple dan melodius,Jeff Beck juga nawarin permaenan yang funky,rhythm yang solid,dan yang paling penting,phrashing dan penjiwaan yang "dapet" banget.

Overall,ni album menurut gw bener" bagus buat didenger.Disini,lu bisa paham kenapa Jeff Beck
disebut - sebut sebagai salah satu gitaris terbaik dunia,yang bahkan menurut gw,dia lebih brilian dari Jimmy Page (ya,dan gw fans berat Jimmy Page :p),dan Eric Clapton.Mungkin kekurangan dia cuma di songwritingnya ga sebagus kedua koleganya itu,cuma tetep aja dia pemaen yang bagus koq...hehe

Track yang gw rekomendasiin : "She's A Woman","Constipated Duck","Air Blower","Scatterbrain","Cause We've Ended As Lovers","Freeway Jam"

#3 Led Zeppelin IV
Band : Led Zeppelin (obviously...XD)
Tahun Dirilis : 1971
Genre : Hard Rock,Blues Rock,Folk,Heavy Metal
Anggota : Jimmy Page (Gitar,Mandolin),Robert Plant (Vokal),John Bonham (Drum),John Paul Jones (Bass,Gitar,Keyboard)

Siapa sih yang ga pernah denger nama "Led Zeppelin"?
Band rock legendaris ini terkenal karena lagu "Stairway To Heaven",citra mereka yang urakan + berandalan,style,kharisma,dan yang paling penting pengaruh besar di dunia musik rock ini dikenal inovatif dan fresh dalam ngerekam dan ngerilis album mereka,dimana album - album mereka selalu unik dan genrenya cukup diverse,dimana mereka bisa bikin lagu yang beatnya funky,ballad yang tenang,blues rock yang "menyayat",bahkan reggae!

Dan album ini,adalah album paling terkenal dari Led Zeppelin.Album ini ga punya nama resmi,ada yang nyebut "The Fourth" (karena album ini merupakan album ke 4 Led Zeppelin),Led Zeppelin IV,The Four Symbol (Karena ada 4 simbol yang jadi identitas setiap personil di dalam album ini),Untitled,The Runes,ataupun nama lainnya.Selain itu,album ini terbilang cukup gila dan kontroversial waktu dirilis.Kenapa?

Soalnya waktu Led Zeppelin mau rilis album ini,Led Zeppelin mutusin buat ga nulisin judul maupun nama band mereka di album ini,bahkan cuma naruh gambar yang kyk kita liat diatas.Mereka mau masyarakat beli album ini karena hargain musik,bukan karena label dan citra Led Zeppelin yang udah cukup terkenal dan penuh kontroversi waktu itu.Tentu aja,pihak label ngoceh" sama Jimmy Page dkk,meski akhirnya mereka mau juga nurutin kemauan para personil band hard rock ini.Hasilnya? Spektakuler! Album ini jadi album Led Zeppelin yang paling sukses,baik secara komersial maupun musikalitasnya.

Ga percaya? Simak aja permaenan Jimmy Page dkk yang emang udah "nendang" banget di awal",di track "Black Dog",lengkap dengan solo gitarnya yang fenomenal,terus ada juga "The Battle of Evermore",dimana Jimmy Page masukin unsur folk kedalem musik Led Zeppelin dengan maenin mandolin,yang bikin ni lagu kedengeran mirip musik folk britania raya dari jaman medieval."Misty Mountain Hop" yang catchy dan cukup asik buat didenger,"Four Sticks" sama "Going To California" yang banyak make gitar akustik buat rhythm sectionnya.Dan yang paling penting,"Stairway To Heaven" juga ada di album ini,gw rasa ga perlu gw jelasin lagi ni lagu,karena ampir semua orang juga uda tau..hehe..

Track yang gw rekomendasiin : "Black Dog","Rock and Roll","The Battle of Evermore","Stairway To Heaven","Misty Mountain Hop","Four Sticks","Going To California","When The Leeve Breaks" (Yep,gw rekomendasiin lu semua buat denger satu album FULL,soalnya setiap lagunya punya "sensasi" unik)

#2 Taken By Force
Band : Scorpions
Tahun Dirilis : 1977
Genre : Hard Rock,Heavy Metal
Anggota : Rudolf Schenker (Gitar),Klaus Meine (Vokal),Uli Jon Roth (Gitar),Francis Buchholz (Bas),Herman Rarebell (Drum)

Nah,ini dia salah satu band rock yang pertama kali gw dengerin (meski bukan ni album sih yang pertama gw denger..hehe).Mungkin banyak dari yang banyak orang tau,band ini terkenal di tahun 1980an,lewat lagu - lagu macem "Rock You Like a Hurricane","Wind of Change",ato "Send Me An Angel",terus juga dari vokal yang khas dengan aksen jerman dari Klaus Meine,serta permaenan solo yang harmonis dan kompak dari Rudolf Schenker dan Matthias Jabs.
Tapi,lu semua ga bakal nemuin permaenan macem itu di album ini!

Apa itu artinya album ini jelek?

Well,album ini dirilis sebelom Matthias Jabs masuk ke Scorpions,dan sound Scorpions belom kyk di tahun 1980an,dimana Scorpions belom terlalu terkenal,dan juga belum semainstream sekarang.Tapi bagus jelek itu relatif.

Menurut gw sendiri? Ini era Scorpions favorit gw! Ini dia album terbaik Scorpions! (Well,at least buat gw sih gitu..wkwk)

Gimana kaga? gitarisnya Uli Jon Roth! Nama ini mungkin asing bagi banyakan orang,tapi orang inilah salah satu yang bertanggung jawab atas wabah shred dan neoclassical metal di tahun 1980an selain Ritchie Blackmore,bisa dibilang inilah gitaris lainnya yang paling pengaruhin Yngwie Malmsteen,baik dari phrashing,pilihan nada,bahkan style dan gaya berpakaiannya.

Disini,lu bisa dengerin lick - lick yang "cantik" dan inovatif dari Uli Jon Roth,yang paling berasa di lagu "Sails of Charon",yang banyak nampilin phyrigian modes sama harmonic minor,yang ngebawa nuansa klasikal kedalem lagu ini.Intro solonya juga ngebuktiin ke dunia,bahwa Yngwie Malmsteen bukanlah orang yang pertama shred di gitar elektrik."We'll Burn The Sky" juga nunjukin permaenan gitar yang cepet,tapi lebih melodius dari Uli Jon Roth,phrashingnya juga bener - bener dapet banget disini.

Tapi bukan Scorpions namanya kalo ga punya riff yang maut.Tenang aja,album ini juga nawarin riff - riff cadas layaknya Scorpions yang lu kenal.Di track 1 aja,"Steamrock Fever" uda bakal bikin lu puas dengerin riffnya,"I've Got to Be Free" juga nawarin riff yang cukup asik.Riff yang simple tapi memorable juga bakal lu temuin di "He's A Woman,She's A Man".

Track yang gw rekomendasiin : "Steamrock Fever","We'll Burn The Sky","I've Got To Be Free","The Riot of Your Time","The Sails of Charon","He's A Woman,She's A Man"

#1 The Seventh Sign
Band : Yngwie Malmsteen
Tahun Dirilis : 1994
Genre : Neoclassical Metal,Power Metal,Heavy Metal
Anggota : Yngwie Malmsteen (Gitar,Bas),Mike Vescera (Vokal),Mats Olausson (Keyboard),Mike Terrana (Drum)

Akhirnya,kita sampe juga di nomor 1..
Well,ini dia gitaris favorit (kedua,setelah Ritchie Blackmore) gw,Yngwie Malmsteen (dibacanya Ing-vay),dikenal sebagai gitaris yang ngebikin trend shred ditahun 1980an,dan "nyetak" neoclassical metal/rock sebagai genre yang pasti,setelah sebelum - sebelumnya banyak gitaris sebelum dia masukin unsur - unsur klasikal ke permainan mereka,macem Ritchie Blackmore,Uli Jon Roth,Randy Rhoads,sama Eddie Van Halen.

Gw sempet bingung mana yang gw rekomendasiin,album ini ato album "Rising Force"nya dia juga.Tapi karena uda ada album instrumental dari Jeff Beck diatas,gw lebih milih album ini buat gw rekomendasiin,karena gw yakin bakal pada ga betah kalo gw kebanyakan rekomendasiin instrumental..hehe

Mungkin banyak yang nganggep Yngwie itu pemaen yang hebat,tapi juga ngebosenin dan sering ngulang scale.Tapi disini,permaenan Yngwie (meski tetep banyak banget make scale yang sama) lumayan berbeda dan riff - riffnya bener - bener asik,ada juga lagu yang lebih pelan dan bernuansa ballad macem "Forever One",ato "Prisoners of Your Love",riff pentatonic yang asik (jarang - jarang loh dia maen macem gini..hehe)di "I Don't Know" sama "Hairtrigger" yang stylenya rada mirip sama glam metal 80an.Ada juga lagu yang bener - bener ngasih "atmosfer" etnik,yaitu "Pyramid of Cheops" yang dimulai dengan petikan sitar.Tapi buat lu pada yang demen permaenan rusuh Yngwie seperti biasa,album ini juga ga bakal ngecewain lu pada,masih ada "Never Die","Seventh Sign",sama "Crash and Burn" yang nampilin permaenan solo yang gila (well,sebenernya semua solo dia sih susah..hehe) dan juga riff rusuh.

Buat yang demen shred ,apalagi fans Yngwie Malmsteen,kudu denger ni album.Fans Heavy/Speed metal sama hard rock juga gw saranin buat dengerin ni album,karena banyak riff dan licks yang emang asik disini,dan yang paling penting,cuma ada satu instrumental di album ini,"Brothers",jadinya lu pada yang ga gitu suka sama album "Rising Force" yang kebanyakan shredding bisa tenang dengerin ni album (Well,sebetulnya ampir semua album dia pasti ada vokalnya koq..)

Track yang gw rekomendasiin : "Never Die","I Don't Know","Forever One","Hairtrigger","Seventh Sign","Prisoner of Your Love","Pyramid of Cheops","Crash and Burn"

1 komentar:

  1. Lucky Club Casino Site – Casino Review, Bonus & Promotions
    Lucky Club Casino is rated 8.9 out of 10 by our members and 40% of them said: "lucky club casino site". LCB luckyclub.live has set up an  Rating: 8.8/10 · ‎Review by LuckyClub.me

    BalasHapus