Minggu, 27 November 2011

5 Album yang gw rekomendasiin minggu ini #1

Err,sebetulnya posting ini sih sama harinya kyk posting sebelomnya,malah cuma beda beberapa menit...hehe

Ok...cukup,kita lanjut aja...

Demi ngisi blog tolol ini dan ngejaga ni blog biar tetep keurus,gw mutusin buat ngasi postingan macem gini,yang bakal gw post setiap hari minggu di tiap minggunya,dan gw bakal post 5 album,dari 5 band/artis,yang mungkin bisa gw post lagi diminggu depannya,tapi gw bakal usahain kaga sama melulu,biar gw juga bisa kasi rekomendasi ke lu pada lebih banyak...hehe

Ok,kita mulai aja..

5 Album yang gw rekomendasiin minggu ini #1 (Minggu Ke 47 Tahun 2011) :


#5. Black Sabbath


Band : Black Sabbath
Tahun Dirilis : 1970
Genre : Heavy/Doom Metal,Hard Rock
Anggota : Toni Iommi (Gitar),Ozzy Osbourne (Vokal & Harmonika),Geezer Butler (Bas),Bill Ward (Drum)

Black Sabbath,band yang disebut - sebut band heavy metal pertama,dimana mereka nunjukin permainan musik yang sedikit berbeda pada masa itu,dimana mereka banyak make "power chord",ato yang mungkin lu pada lebih kenal dengan nama "kunci gantung" di gitar,gitar distorsi tebel,sama permaenan yang cenderung lebih heavy dan nada - nadanya lebih "suram" dibandingin musisi - musisi laen di masa itu.

Karena ini album debut dari Black Sabbath,banyak orang yang bilang album ini adalah album heavy metal pertama di dunia,dan sekedar info aja,ni album dirilis Hari Jumat,13 Februari 1970,atau Friday 13th,yang sering disebut sial kalo menurut kepercayaan lama,ngebuat nuansa gelap dan suram makin melekat sama band ini.

Buat yang ngaku demen musik yang heavy,lu pada WAJIB DENGER yang satu ini!
dan juga buat yang ga ngerti,ga tahu,ato mau tahu apa itu musik heavy metal sebenernya,dengerin juga album dari band sepuh ini!

Track yang gw rekomendasiin : "Black Sabbath","The Wizard","N.I.B","Sleeping Village"


#4. Black Holes & Revelations


Band : Muse
Tahun Dirilis : 2006
Genre : Alternative Rock
Anggota : Matthew Bellamy (Gitar,Vokal,Synth,Piano),Christoper Wolstenholme (Bas,Vokal),Dominic Howard (Drum)

Gw rasa,lu pada uda tau lah sama band yang satu ini,malah gw rada bingung kalo anak sekarang ga tau sama band yang ini...hahaha
Tapi mungkin lu pada tau ni band dari lagu "Supermassive Black Hole",yang sempet diputer waktu film "Twilight",ato mungkin dari hal - hal laen.ato mungkin ada yang belum tahu?

Yah,gua ga peduli lu tau band ini dari mana,ato dari siapa...yang pasti band ini KEREN.

Keren? Ya,keren! dan kata "KEREN" ini keluar dari mulut seorang metalhead gila yang nulis review ini,yang biasanya dicap sama orang ga suka sama musik sekarang dan cuma asik dengerin musik jadul kesukaannya.

Muse,siapa yang ga kenal sama trio edan ini? Meski cuma bertiga,banyak musik keren yang mereka bikin,dan gw demen banget sama musik - musik yang mereka bikin,soalnya banyak komposisi yang unik dan yang paling ga gw sangka,banyak arpeggio,riff dan phrasing - phrasing yang asik di album ini,kayak di "Take a Bow",sama "Starlight" yang bikin gw demen iseng sekedar ngulik di gitar saking enaknya.Dan ya,gw tegasin sekali lagi,kata - kata ini keluar dari mulut seorang yang bukan fans Muse,dan bahkan jarang dengerin musik - musik yang modern.

Track yang gw rekomendasiin : "Take A Bow","Starlight","Supermassive Black Hole","Soldier's Poem","Assassin","Knight of Cydonia"
#3. Passion of Gradation

Band : Depapepe (Duo Gitar Akustik dari Jepang)
Tahun Dirilis : 2004
Genre : Instrumental (Dengan Gitar Akustik)
Anggota : Miura "Depa" Takuya (Gitar),Tokuoka "Pepe" Yoshinari

Gw tau duo-akustik ini waktu gw masih kelas 1 SMA,masa dimana gw bahkan belom mulai maen gitar,baru tertarik dalemin gitar dan banyak temen - temen gw suka maenin lagu - lagu dari duo ini,atau banyak juga temen - temen gua suka duo ini.Dari kata - kata gw barusan,mungkin lu pada pikir,duo akustik inilah yang bikin gw jadi suka dan dalemin gitar.

Dan kalau lu pada berpikir begitu,lu pada......SALAH!

Dulu,waktu gw masih super tertutup,nyebelin,dan batu kalo dibilangin,gw sangat menganggap remeh musik - musik dari gitar akustik,ini salah satu duo yang gw paling ga suka dulu...karena terlalu banyak yang dengerin dan gw sampe muak ngedengerin musik - musik dari Depapepe.

Cuma,kira - kira 1 1/2 tahun yang lalu,masa dimana gw mulai terbuka sama macem - macem musik dan udah lebih serius dalemin gitar,mata (tepatnya telinga) gw terbuka,dan gw mulai demen sama duo ini,meski bukan suka sama lagu - lagunya yang populer,dan album ini bener - bener jadi favorit gw.

Banyak licks yang bernuansa latin yang memorable di lagu "Passion Melancholic" ,terus nuansa funk yang kental bisa lu temuin di "Dunk",dan tipikal lagu Depapepe standard bisa lu temuin di "Snow Dance".Pokoknya,nih album bener - bener asik,dan cukup easy-listening buat album gitar instrumental,yang cenderung susah dicerna kalangan pecinta gitar.

Track yang gw rekomendasiin : "Passion Melancholic","Dunk","Snow Dance","Fun Time"

#2. Moving Pictures


Band : Rush
Tahun Dirilis : 1981
Genre : Progressive Rock
Anggota : Geddy Lee (Bas,Keyboard,Vokal),Alex Lifeson (Gitar),Neil Peart (Drum)

Ok,kita uda sampe ke nomor 2,dan sialnya,mungkin banyakan anak sekarang ga tau sama band ini... :(
Ga heran sih,band ini udah masuk itungan tua dan emang para penggemarnya banyakan umurnya uda diatas kepala 4.Tapi menurut gw,band yang cuma terdiri dari 3 orang ini ngalahin ampir semua band jaman sekarang.

Well,diatas lu bisa lihat gw menyebut Muse dengan sebutan "Trio Edan" karena permaenan unik dan keren mereka,dan kembali gw mau rekomendasiin album dari trio lainnya..

Dan mungkin ada dari lu yang bertanya - tanya kyk gini "kalo Muse disebut trio edan,yang ini bakal dia sebut apa yah?"

Well,kalo Muse gw sebut edan,mungkin Rush bakal gw sebut "Edan kuadrat"! ato mungkin lebih dari kuadrat!

Rush,salah satu band yang masuk sesepuh,punya influence yang besar ke dunia musik rock sekarang,terutama di dunia musik progressive,baik progressive rock sendiri maupun "anak"nya,progressive metal.Sebesar apa influence Rush? Tanpa Rush,mungkin ga ada yang namanya Dream Theater

Mungkin banyak dari lu pada yang ga tau sama band legendaris ini,dan mungkin juga bakal susah demen sama band ini meski gw rekomendasiin denger.Soalnya jujur aja,musik dari band ini kompleks,strukturnya rada ribet,dan emang ga easy listening.Tapi banyak riff sama solo - solo gitar yang super asik dan kalo sekali nyantol lu bakal demen banget dengerinnya,terutama di instrumental "YYZ"

Gaya vokal Geddy Lee mungkin terdenger aneh buat lu pada yang belom biasa denger,tapi ga bisa dipungkirin,permaenan gitar dari Alex Lifeson,gebukan drum dari Neil Peart,plus bass dan keyboardnya Geddy Lee berhasil nyiptain chemistry yang asik dan sulit.

Penasaran? Coba dengerin aja nih album,tapi dengerinnya kudu serius yah,soalnya kalo kaga bakal serasa lewat gitu aja...hehe

Track yang gw rekomendasiin : "Tom Sawyer","Red Barchetta","YYZ","Limelight","Vital Signs"

#1 Machine Head



Band : Deep Purple
Tahun Dirilis : 1972
Genre : Heavy Metal,Hard Rock,Blues Rock
Anggota : Ritchie Blackmore (Gitar),Ian Gillan (Vokal),Jon Lord (Hammond Organ,Keyboard),Ian Paice (Drum),Roger Glover (Bas)

Deep Purple,salah satu band rock paling influental dan salah satu pionir dari heavy metal,bareng sama Led Zeppelin dan Black Sabbath.Mungkin orang - orang ga begitu banyak tau tentang band ini,kecuali tentang lagu "Smoke on The Water",lagu yang ampir semua orang tau,baik karena maen game "Guitar Hero",atau karena belajar gitar dan mulai dengan diajarin riff intro lagu ini karena paling gampang

Tapi,sebenarnya,Deep Purple bukan hanya sekedar "Smoke on The Water" dan riff intronya yang super memorable dan super cupu itu aja,dan album ini,meski ada "Smoke on The Water"nya,adalah album yang bisa nunjukin kualitas,energi,dan ciri khas dari Deep Purple.
Dan gw yakin,para peminat musik keras ato fans Deep Purple pasti ngerti apa yang gw maksud

Mungkin mereka punya kesamaan sama band seangkatannya,dimana sering make pentatonic dan maen gaya - gaya blues,cuma kalo lu perhatiin,Ritchie Blackmore banyak masukin nada - nada yang nunjukin influence musik klasikal,kyk progresi chord solo di "Highway Star".

Tapi,bukan cuma itu,lu bisa denger keunikan band ini dibandingin Led Zeppelin ato Black Sabbath.Deep Purple nawarin musik yang lebih kompleks,dan lebih mengandalkan jamming bareng dari anggotanya,dimana mereka berhasil nyatuin vokal Ian Gillan yang range-nya gila - gilaan,permaenan Blackmore lengkap dengan lick-lick gitarnya yang maut dan ga biasa buat masa itu,Pukulan + aksen - aksen kompleks dari Ian Paice,Permaenan organ Jon Lord yang banyak dipengaruhin musik klasikal,sama permaenan bass yang simpel tapi solid dari Roger Glover,dan hasilnya? Benar - benar gila!

Penasaran mau denger Deep Purple selaen "Smoke on The Water" (tapi ada di album ini sih..hehe)? Dengerin aja album ini,gw yakin lu pada ga bakal kecewa! :)

Track yang gw rekomendasiin : "Highway Star","Maybe I'm A Leo","Pictures of Home","Never Before","Smoke on The Water" (kalo ga bosen ato belom pernah denger..hehe),"Lazy","Space Truckin"

"Eh,bro,itu bukannya semua track di 'Machine Head' yah?"

"Well,iya,gw rekomendasiin semuanya" :)

4 komentar:

  1. widih..sepuh depa bhk komen...XD
    kurang dimananya gan? album yang gw rekomen kurang mantep?

    BalasHapus
  2. soalny smwnya mantap ! wkwoa
    yang ada gambar mobil keren jga tuh albumny

    btw IU da kluar album baru gw yakin u bakal suka wkawowkao
    judul albumny "Last Fantasy"

    BalasHapus
  3. hmm..judulnya menarik tuh..
    dari namanya kyknya banyak maen orkestrasi gitu yah? klo iya c asik...haha

    BalasHapus